Jumat, 07 Mei 2010

Tau'iyah Ramadhan

oleh : Yayat Duryatna

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan perlu dilakukan persiapan-persiapan yang serius untuk meraih keutamaan-keutamaan Ramadhan. Secara pribadi setiap muslim wajib membekali dirinya dengan persiapan optimal yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan agar secara internal siap memasuki Ramadhan. Ada dua persiapan penting yang harus dilakukan dalam rangka Tau'iyah Ramadhan, yaitu :
1. Persiapan pribadi
2. Persiapan lingkungan
Persiapan pribadi terdiri dari 4 hal, yaitu :
1. I'dad ruhi imani yakni persiapan ruh keimanan. para shalafus saleh biasa melakukan persipan ini jauh sebelum datangnya Ramadhan, bahkan mereka sudah merindukan kedatanganya sejak bulan rajab dan sya'ban ini dapat dilihat dari do'a mereka : "Ya Allah berikanlah kepada kami keberkahan pada bulan Rajab dan sya'ban, serta sampaikanlah kami kepada Ramadhan."
Dalam rangka persiapan ruh keimanan itu, Allah swt melarang kita melakukan berbagai maksiat dan kedzlaiman sejak bulan rajab, tapi bukan berarti dibulan lainya dibolehkan. Hal ini dilakuakn agar sejak bulan rajab iman kita sudah meningkat. Bisa dikiaskan bulan Rajab dan Sya'ban adalah masa pemanasan (warming up) sehingga ketika memulai start memasuki Ramadhan kita sudah bisa langsung lari kencang.
2. I'dad jasadi, yakni persiapan fisik, untuk memasuki Ramadhan secara fisik kitapun sudah harus lebih sehat dari biasanya sebab jika fisik lemah kemuliaan-kemuliaan yang dilimpahkan Allah di bulan ramadhan tidak bisa optimal kita raih.
3. I'dad Maliyah, yakni persiapan harta, persiapan harta bukan sekedar untuk mebeli kebutuhan logistik saat buka puasa atau kue-kue lebaran sebagaimana tradisi kita selama ini, melaikanuntuk melipat gandakan shadaqoh, karena Ramadhan merupakan bulan kepedulian sosial. Pahala bershadaqah pada bulan ini berlipat ganda dibanding bulan biasa.
4. I'dad Fikri wa ilmi, ykni persiapan pikiran dan ilmu. Agar ibadah Ramadhan bis aoptimal diperlukan bekal wawasan dan persepsi yang benar tentang ramadhan, caranya dengan banyak membaca literatur-literatur tentang fadhilah ramadhan.

Tidak ada komentar: