Rabu, 02 Juni 2010

KOMPETENSI PUSTAKAWAN SEKOLAH

By. Yayat Duryatna
Librarian

Seorang Pustakawan sekolah diwajibkan memiliki beberapa kompetensi atau kemampuan dalam mengelola perpustakaan, selain harus memiliki kemampuan dibidang perpustakaan pustakawan sekolah juga harus memiliki kemampuan dibidang pendidikan (mengajar). Hal ini yang membedakan pustakawan sekolah dengan pustakawan-pustakawan di Perpustakaan umum atau perpustakaan khusus. Seorang pustakawan harus mampu minimal memberikan ilmu di bidang perpustakaan dengan segala sistem, mekanisme dan aturannya dengan kemampuan penyampaian yang baik berdasarkan teknik mengajar yang standar, ilmu itu diberikan kepada seluruh civitas yang terkait yaitu siswa, guru, pengurus, karyawan non guru, orang tua murid serta alumni dengan istilah “Library skill”. Kemampuan memberikan “Library skill” didasari karena kebutuhan akan materi-materi yang terkait dibidang perpustakaan harus diketahui bersama terutama berkaitan dengan proses penelusuran informasi yang pada akhirnya akan terbangun suasana komunitas yang melek informasi.
Literasi Informasi (melek informasi) adalah salah satu cara atau metode penelusuran informasi yang kreatif, inofatif, beretika dan demokratis dengan tujuan adalah terciptanya proses kegiatan belajar mengajar yang tidak hanya pada satu sumber belajar, melainkan upaya mendidik siswa untuk dapat “learning to learn” siswa belajar bagaimana ia belajar. Kemandirian siswa dalam proses peneneluruan informasi inilah yang akan menjadikan siswa memiliki kemapuan untuk dapat dengan cepat dan tetap menemukan informasi yang diinginkan melalui literasi informasi. Model literasi ini informasi itu sendiri ada beberapa cara; yaitu model BIG 6, model EMPOWERING 8, dll.
Pada abad teknologi informasi, dimana akses informasi dengan begitu mudah kita dapatkan yaitu semudah kita mengedipkan mata sehingga informasi itu sudah ada ditangan kita. Internet dengan mudah kita akses tidak dibatasi tempat, ruang dan waktu, internet dengan mudah kita gunakan apalagi untuk siswa yang tinggal di kota-kota besar. Fasilitas internet sudah ada dimana dengan wifi, hotspot, wireless, dll.
Dikarenakan situasi dan kondisi dimana teknologi informasi berkembang dengan pesatnya dan Perguruan Islam Al-Izhar Pondok labu yang memiliki perpustakaan dengan kapasitas 38 ribu koleksi, maka seorang pustakawan harus dibekali beberapa kompetensi yang tertuang dalam PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2008 TENTANG STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH, yaitu :
1.Kompetensi Manajerial
1.1 Melaksanakan kebijakan
1.1.1 Melaksanakan pengembangan perpustakaan
1.1.2 Mengorganisasi sumber daya perpustakaan
1.1.3 Melaksanakan fungsi, tugas, dan program perpustakaan
1.1.4 Mengevaluasi program dan kinerja perpustakaan
1.2 Melakukan perawatan koleksi
1.2.1 Melakukan perawatan preventif
1.2.2 Melakukan perawatan kuratif
1.3 Melakukan pengelolaan anggaran dan keuangan
1.3.1 Membantu menyusun anggaran perpustakaan

DIMENSI KOMPETENSI
KOMPETENSI
SUB-KOMPETENSI

1.3.2 Menggunakan anggaran secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab
1.3.3 Melaksanakan pelaporan penggunaan keuangan dan anggaran

2. Kompetensi Pengelolaan Informasi
2.1 Mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah/madrasah
2.1.1 Memiliki pengetahuan mengenai penerbitan
2.1.2 Memiliki pengetahuan tentang karya sastra Indonesia dan dunia
2.1.3 Memiliki pengetahuan tentang sumber biografi tokoh nasional dan dunia
2.1.4 Menggunakan berbagai alat bantu seleksi untuk pemilihan materi perpustakaan
2.1.5 Berkoordinasi dengan tenaga pendidik bidang studi terkait dalam pemilihan materi perpustakaan
2.1.6 Melakukan pemesanan, penerimaan, dan pencatatan
2.2 Melakukan pengorganisasian informasi
2.2.1 Membuat deskripsi bibliografis (pengatalogan) sesuai dengan standar nasional
2.2.2 Menentukan deskripsi subjek dan menggunakan Dewey Decimal Classification edisi ringkas
2.2.3 Menggunakan daftar tajuk subjek dalam bahasa Indonesia

DIMENSI KOMPETENSI
KOMPETENSI
SUB-KOMPETENSI

2.2.4 Menjajarkan kartu katalog
2.2.5 Memanfaatkan teknologi untuk pengorganisasian informasi dan penelusuran
2.3 Memberikan jasa dan sumber informasi
2.3.1 Memberikan layanan baca di tempat
2.3.2 Memberikan jasa informasi dan referensi
2.3.3 Menyelenggarakan jasa sirkulasi (peminjaman buku)
2.3.4 Memberikan bimbingan penggunaan perpustakaan bagi komunitas sekolah/madrasah
2.3.5 Melakukan kerja sama dengan perpustakaan lain
2.4 Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
2.4.1 Membimbing komunitas sekolah/madrasah dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
2.4.2 Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan

3. Kompetensi Kependidikan
3.1 Memiliki wawasan kependidikan
3.1.1 Memahami tujuan dan fungsi sekolah/ madrasah dalam konteks pendidikan nasional
3.1.2 Memahami kebijakan pengembangan kurikulum yang berlaku

DIMENSI KOMPETENSI
KOMPETENSI
SUB-KOMPETENSI

3.1.3 Memahami peran perpustakaan sebagai sumber belajar
3.1.4 Memfasilitasi peserta didik untuk belajar mandiri
3.2 Mengembangkan keterampilan memanfaatkan informasi
3.2.1 Menganalisis kebutuhan informasi komunitas sekolah/madrasah
3.2.2 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi proses pembelajaran
3.2.3 Membantu komunitas sekolah/madrasah menggunakan sumber informasi secara efektif
3.3 Melakukan promosi perpustakaan
3.3.1 Menginformasikan kepada komunitas sekolah/ madrasah tentang materi perpustakaan yang baru
3.3.2 Membimbing komunitas sekolah/madrasah untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan
3.3.3 Mengorganisasi pajangan dan pameran materi perpustakaan
3.3.4 Membuat dan menyebarkan media promosi jasa perpustakaan
3.4 Memberikan bimbingan literasi informasi
3.4.1 Mengidentifikasi kemampuan dasar literasi informasi pengguna

DIMENSI KOMPETENSI
KOMPETENSI
SUB-KOMPETENSI

3.4.2 Menyusun panduan dan materi bimbingan literasi informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna
3.4.3 Membimbing pengguna mencapai literasi informasi
3.4.4 Mengevaluasi pencapaian bimbingan literasi informasi
3.4.5 Memotivasi dan mengembangkan minat baca komunitas sekolah/madrasah

4. Kompetensi Kepribadian
4.1 Memiliki integritas yang tinggi
4.1.1 Disiplin, bersih, dan rapi
4.1.2 Jujur dan adil
4.1.3 Sopan, santun, sabar, dan ramah
4.2 Memiliki etos kerja yang tinggi
4.2.1 Mengikuti prosedur
4.2.2 Mengupayakan hasil
4.2.3 Bertindak secara tepat
4.2.4 Fokus pada tugas
4.2.5 Meningkatkan kinerja
4.2.6 Melakukan evaluasi diri

5. Kompetensi Sosial
5.1 Membangun Hubungan sosial
5.1.1 Berinteraksi dengan komunitas sekolah/madrasah
5.1.2 Bekerja sama dengan komunitas sekolah/madrasah
5.2 Membangun
Komunikasi
5.2.1 Memberikan jasa untuk komunitas sekolah/madrasah
5.2.2 Mengintensifkan komunikasi internal dan eksternal
Kompetensi yang tertuang dalam Peratuaran Menteri ini adalah kompetensi ideal yang harus dimiliki seorang pustakawan apabila disimpulkan maka ada korelasi antara fungsi dan tugas seorang pustakawan dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat serta dunia pendidikan yang terus berkembang.
Sangat diharapkan seorang pustakawan bisa menggunakan computer dengan segala perangkatnya, misalnya mengetik dengan Microsoft word dengan segala sistem dan fasilitasnya, membuat diagram dengan menggunakan Microsoft excel, membuat presentasi dengan power point, menggunakan fasilitas email dan yang lebih penting adalah mengakses internet. Karena Literasi informasi menuntut seorang pustakawan memiliki kemampuan teknologi computer yang memadai sehingga tidak ada istilah pustakawan “gatek informasi”
Seorang Pustakawan memiliki kemampuan mengajar minimal mengajar bagaimana cara mengakses informasi dengan cepat guna dan berdaya guna. Apalagi dibeberapa perpustakaan luar negeri sudah menerapkan istilah “Teacher librarian” seorang pustakawan yang bertugas mendampingi guru dalam persiapan materi belajar serta membantu dalam hal sumber belajar.
Saya yakin Al-Izhar kedepan akan memiliki Perpustakaan Sekolah yang modern dengan berisikan koleksi yang selalu uptodate, pustakawan yang professional dan visioner, serta sistem pengelolaan yang baik dan berkembang.
Depok, 1 Juni 2010

Tidak ada komentar: